Tuesday, October 11, 2016

Public Speaking, Networking, & Lobbying



PUBLIC SPEAKING
Public : umum
Speaking : kegiatan penyampaian pesan berupa ide/gagasa
Public speaking : bentuk komunikasi dimana seorang pembicara menghadapi pendengar dengan menyampaikan pesan/gagasan di depan umum secara kontinyu.
Tujuan public speaking :
a.    Menyampaikan informasi kepada audiens
b.    Menghibur audiens
c.    Mempengaruhi audiens
Hal-hal yang membentuk seseorang menjadi pembicara efektif :
1.     Proses belajar dan berlatih
2.    Lingkungan yang kondusif
3.    Bakat
Kiat khas public speakers:
1.     Persiapan matang untuk materi pesan maupun psikologis
2.    Ketahui dengan baik siapakah calonkhalayak Anda
3.    Berpikirlah bahwa Anda menguasai semua pesan yang akan disampaikan
4.    Bersikap optimis bahwa ketika Anda diminta untuk berbicara , maka Anda lah satu-satunya orang yang menguasai materi
5.    Jangan segan untuk bertemu pandang dengan khalayak secara gentle
6.    Jangan malu membawa teks/catatan kaki terutama apabila Anda sangan sulit menghafal data akurat
7.    Bengkitkan semangat khalayak dengan cara meninggikan intonasi di akhir kalimat / cheer-up
8.    Tolong hindarkan mengenakan busana/aksesoris yang bakal mengganggu Anda
9.    Perhatikan baik-baik soal waktu. Hindari keterlambatan karena Anda atau terlalu lama waktu Anda
NERVOUS ?
Penyebab kecemasan :
1.     Pengalaman pertama
2.    Suasana baru
3.    Merasa menjadi pusat perhatian
4.    Merasa berbeda
5.    Trauma masa lalu
6.    Tidak siap tampil
Bagaimana mengatasinya ?
1.     Mempersiapkan dan melakukan latihan
2.    Mencari pengalaman
3.    Melakukan kegiatan fisik/olahraga
4.    Menganggap demam panggung adalah hal yang wajar
Bagaimana cara meraih rasa percaya diri ?
1.     Lepaskan rasa sesal
2.    Gambaran diri
3.    Jangan takut gagal
4.    Penampilan
5.    Mengingat semua sukses di masa lau
Hal-hal yang perlu dilakukan dalam Public Speaking :
1.     Variasi suara
2.    Ekspresi wajah
3.    Bahasa tubuh
NETWORKING
1.     Kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan
2.    Kemampuan mengorganisasikan
3.    Kemampuan bergaul /membina relasi
4.    Integritas atau kejujuran
5.    Imajinasi (banyak ide dan kreatif)

LOBBYING
Lobby diartikan sebagai upaya untuk mempengaruhi seseorang (pejabat politik) atas suatu isi.
Persiapan :
1.     Menentukan secara jelas apa yang ingin kita capai  dalam nego
2.    Kenali karakter dan latar lawan negosiasi kita
3.    Kesiapan mental
Sikap mengawali lobi :
1.     Pleasant (menyenangkan)
2.    Assertive (tegas)
3.    Firm (tidak plim plan)
4.    Punya pendirian
Langkah-langkah :
1.     Sampaikan pokok-pokok
2.    Sediakan tempat
3.    Sampaikan “jika Anda memberi kami, kami akan memberi Anda itu”
4.    Ketika terjadi kesepakatan, maka bersalamanlah sebagai tanda kesepakatan

Sumber :
Materi dari Muchlish Suhanoko Pujaji saat pertemuan kelas besar SPN FKIP UNS 2016

No comments:

Post a Comment

RINGKASAN MATERI AKUNTANSI

A.       PENGERTIAN AKUNTANSI 1.        Menurut AICPA (Accounting Institute of Certified Public Accountant) : Akuntansi adalah seni penc...